Skip to main content

14 PERGURUAN TINGGI KEDINASAN FAVORIT DI INDONESIA (LULUS LANGSUNG KERJA)


              Tak dapat dipungkiri, saat ini banyak anak-anak SMA yang mengalami dilema mau melanjutkan pendidikan kemana, apakah ke PTN atau perguruan tinggi swasta. Adapun yang menjadi masalah adalah apa yang akan dilakukan setelah lulus kuliah, karena banyak yang bergelar sarjana namun belum mendapat kerja.
                Eitss, tapi tidak perlu khawatir, setiap masalah pasti ada solusinya. Yap, PTK (Perguruan Tinggi Kedinasan) jawabannya. Jadi, jika kamu lulus PTK, kamu tidak perlu lagi bingung-bingung cari kerja, karena lulusannya secara otomatis bisa mendapat pekerjaan dari negara ataupun kementrian yang menanunginya.

Berikut, daftar 14 PTK FAVORIT di INDONESIA
1. POLTEKTRANS SDP PALEMBANG



          Di tahun 2018 Kementerian Perhubungan meningkatkan cakrawalanya dengan melahirkan PTK baru yakni POLITEKNIK TRANSPORTASI SUNGAI DANAU DAN PENYEBERANGAN PALEMBANG. Dalam hal ini, Poltektrans SDP yang sebelumnya lebih dikenal dengan BPPTD Palembang bergerak dibidang Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan.  
          Poltektrans SDP ini merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi di Indonesia yang bertanggung jawab melahirkan perwira transportasi SDP loh, jadi kamu harus benar benar menyiapkan diri dari sekarang untuk berjuang supaya berhasil menjadi bagian dari taruna/i Poltektrans SDP.

Program Studi yang terdapat di POLTEKTRANS SDP :
DIII LLASDP
DIII NAUTIKA
DIII TEKNIKA
DIII KLK

Jika kamu masih penasaran dengan POLTEKTRANS SDP ini

Baca Juga :



2. IPDN (INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI)
                IPDN merupakan merupakan salah satu dari top 14 PTK favorit di Indonesia di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri. IPDN menerapkan pendidikan semi militer dan berasrama, dan juga yang memberi gelar mahasiswanya dengan sebutan praja. Untuk menjadi bagian praja IPDN kamu harus melalui tahapan seleksi yang cukup ketat Jadi bagi, kamu yang berminta menjadi bagian praja IPDN, harus mulai melatih kemampuanmu dari sekarang, baik fisik maupun mental.
Lokasi kampus IPDN teletak di Jatinangor, dengan beberapa kampus regional yang tersebar di beberapa tempat di Indonesia, seperti: IPDN Kampus Jakarta, IPDN Kampus Sumatera Barat, IPDN Kampus Sulawesi Selatan, IPDN Kampus Sulawesi Utara, IPDN Kampus Nusa Tenggara Barat, IPDN Kampus Papua, IPDN Kampus Kalimantan Barat, dan IPDN Kampus Riau.
Info pendaftaran : spcp.ipdn.ac.id


3. AKMIL (AKADEMI MILITER)
                Untuk kamu yang bercita-cita menjadi tentara, AKMIL pastilah menjadi pilihannya. AKMIL merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah Kementerian Pertahanan (KEMENHAN). Menjadi taruna akmil tentunya suatu kebanggaan bagi banyak orang, apalagi sistem seleksinya yang sangat ketat dan penuh saingan. Tapi yakinlah, tidak ada yang tiodak mungkin dalam mengejar cita-cita.
              Akmil adalah sekolah kemiliteran yang pendidikannya diselenggarakan secara gratis dan berasrama. Adapaun jurusan yang ditawarkan di Akademi Militer tidak hanya berkaitan dengan kemiliteran saja karena terdapat beberapa jurusan seperti: Jurusan Elektro (gelar ST), Jurusan Internasional (gelar SHI), dan Jurusan Administrasi Ilmu Pemerintahan (gelar SIP).
Info pendaftaran : www.akmil.ac.id

4. AKPOL (AKADEMI KEPOLISIAN)
                Akademi Kepolisian (AKPOL) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah Kepolisian NKRI. Bagi kamu yang ingin menjadi polisi, di AKPOL lah tempat pendidikannya.
Setelah lulus pendidikan akpol yang ditempuh selama 4 tahun, kamu akan mendapata gelar Ipda (Inspektur Pangkat Dua), jadi tunggu apalagi? Ayo berusaha dari sekarang untuk menjadi bagian dari taruna Akpol.
Info pendaftaran : akpol.ac.id

5. STTD (SEKOLAH TINGGI TRANSPORTASI DARAT)
                STTD (SEKOLAH TINGGI TRANSPORTASI DARAT) merupakan salah satu sekolah kedinasan dibawah naungan Kementerian Perhubungan. Dalam pendidikannya STTD menerapkan sistem asrama dan mahasiswanya bergelar Taruna/i. jadi, bagi kamu yang ingin menjadi ahli dibidang transportasi darat, langsung aja daftar STTD dan ikuti rangkaian seleksi STTD yang tentunya tidak mudah.

Jurusan di STTD, adalah :
·         DIV Transportasi Darat
·         DIII LLAJ
·         DIII Perkeretaapian
·         DIII LLASDP
·         DII PKB
Info pendaftaran : sttd.ac.id

6. STIS (SEKOLAH TINGGI ILMU STATISTIK)
                STIS (SEKOLAH TINGGI ILMU STATISTIK) merupakan merupakan salah satu dari top 14 PTK favorit di Indonesia di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS). Sekolah yang sudah berdiri sejak 1958 ini, mempunyai dua jurusan untuk siswa jurusan IPA, yakni Diploma IV: Jurusan Statistika (Ekonomi dan Sosial-Kependudukan) dan Jurusan Komputasi Statistik. Jurusan Statistika menghasilkan tenaga ahli statistik ekonomi serta tenaga ahli statistik sosial-kependudukan, dan Jurusan Komputasi Statistik menghasilkan tenaga ahli komputasi dan sistem informasi.
Selain itu, STIS juga menyediakan pendidikan Tenaga Pengajar bagi lulusan perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri dengan jenjang S2 dan S3.
Info pendaftaran : www.stis.ac.id

7. POLTEKIP (POLITEKNIK ILMU PEMASYARAKATAN)
 POLTEKIP (POLITEKNIK ILMU PEMASYARAKATAN) merupakan salah satu top 14 PTK dibawah naungan KEMENKUMHAM. POLTEKIP menerapakan sistem pendidikan semi militer bagi tarunanya, dan diwajibkan untuk tinggal di asrama selama pendidikan. Tapi tidak perlu khawatir mengenai biaya asrama, karena POLTEKIP ini gratis.  Jadi, kamu tidka perlu ragu untuk menjadi bagian dari taruna poltekip.

8. POLTEKIM (POLITEKNIK IMIGRASI)
                Sama halnya seperti POLTEKIP, POLTEKIM (POLITEKNIK IMIGRASI) juga merupakan salah satu PTK dibawah KEMENKUMHAM. Untuk bisa menjadi bagian taruna POLTEKIM, kamu harus melalu serangkain seleksi yang menerapkan sistem gugur disetiap seleksinya dan setelah lulus dari sini, kamu harus siap ditempatkan di mana saja di seluruh Wilayah Indonesia. Jadi, kamu tidak perlu pusing-pusing lagi memikirkan tempat kerja setelah lulus, karena pekerjaanmu sudah terjamin.

9. STSN (SEKOLAH TINGGI SANDI NEGARA)
                STSN (SEKOLAH TINGGI SANDI NEGARA) adalah salah satu Top 14 PTK favorit di Indonesia yang diselenggarakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia. STSN yang menerapkan sistem asrama ini menyelenggarakan pendidikan professional dalam bidang persandian dengan jenjang Diploma IV. Calon Mahasiswa berasal dari lulusan SLTA/MA jurusan IPA dan atau Peserta Tugas Belajar.
STSN merupakan satu-satunya sekolah di Indonesia yang mengajarkan persandian, jadi untuk menjadi bagian dari STSN kamu harus melalui tahapan seleksi yang menerapkan sistem gugur ditiap tehapannya.
Info pendaftaran : stsn-nci.ac.id

10. STIN (SEKOLAH TINGGI INTELEJEN NEGARA)
STIN merupakan salah satu Top 14  Perguruan Tinggi Kedinasan favorit di Indonesia yang berdiri di bawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN). Buat kamu yang tertarik dengan film film bergenre action, menjadi bagian STIN adalah pilihan yang tepat. Karena kamu akan memainkan peran intel mu sendiri. Namun, kamu harus siap untuk tidak dikenal atau tak terkenal, namanya juga intel, ya kan. Tapi tidak perlu khawatir, karena setelah lulus dari STIN kamu otomatis akan langsung kerja.
Program studi yang ditawarkan di STIN dan bisa Anda pilih adalah program studi agen dan program studi analis
Info pendaftaran : stin.ac.id

11. STMKG (SEKOLAH TINGGI METEOROLOGI dan GEOFISIKA)
                Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) berada di bawah naungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Pendidikan STMKG dilaksanakan secara gratis. Sebagai salah satu PTK ikatan dinas, kamu bisa langsung bekerja setelah menyelesaikan studi di STMKG. beberapa program studi di STMKG, yakni Prodi Studi Meteorologi, Program Studi Instrumentasi, Program Studi Klimatologi, dan Program Studi Geofisika.
Info pendaftaran : stmkg.ac.id

12. STPI (SEKOLAH TINGGI PENERBANGAN INDONESIA)

                Untuk kamu yang berkeinginan merasakan nuansa di atas awan, harus semangat untuk lolos seleksi STPI. Ya, STPI merupakan salah satu top 14 PTK favorit Indonesia dibawah naungan Kementerian Perhubungan. Sama halnya seperti STTD, hanya saja STPI khusus bagian udara.
              Jurusan di STPI tidak hanya sebatas menjadi pilot, tetapi juga ada jurusan TNU (Teknik Navigasi Udara) yang mengurus masalah navigasinya. STPI yang berlokasi di Curug ini, menerapkan sistem semi militer selama pendidikannya, dan mewajibkan asrama bagi taruna/inya. 
jadi, kamu tidak perlu khawatir masalah pekerjaan setelah lulus dari STPI, karena sudah tentu banyak bandara Indonesia yang sudah menunggu pengabdianmu.

13. STIP (SEKOLAH TINGGI ILMU PELAYARAN)
                Selain STTD dan STPI, Kementerian Perhubungan tentunya mempunyai sekolah dibidang transportasi laut yang dalam hal ini bernama SEKOLAH TINGGI ILMU PELAYARAN (STIP).
Sama seperti STTD dan STPI, STIP juga menerapkan sistem semi militer dan berasrama. Tapi yakinlah, setelah lulus dari sini, mimpimu untuk mengemudikan kapal bukanlah mimpi disiang bolong, tetapi sudah bisa jadi kenyataan. Dan yang harus kamu tahu, pelayaran STIP tidak hanya sebatas di laut Indonesia, melainkan sudah sampai samudera dunia.

14. PKN STAN (POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA STAN)

           Siapa yang tidak kenal STAN? Tentunya sebagai anak SMA mendengar STAN bukanlah hal yang asing. Karena STAN merupakan kampus impian banyak orang, baik anak SMA maupun orangtua yang sangat antusias menyekolahkan anaknya di kampus STAN.
PKN STAN (POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA STAN) merupakan salah satu PTK dibawah naungan Kementrian Keuangan. Selama pendidikan, mahasiswa tidak dipungut biaya pendidikan dan tidak diasramakan, serta Pendidikan PKN STAN memakai sistem ikatan dinas, jadi sudah pasti siap bekerja dilingkungan kementerian keungan.

Program studi yang diselenggarakan antara lain
  • Program Studi Diploma III / IV Akuntansi
  • Program Studi Diploma I / III Pajak
  • Program Studi Diploma III Penilai / Pajak Bumi dan Bangunan
  • Program Studi Diploma I / III Kepabeanan dan Cukai
  • Program Studi Diploma I / III Kebendaharaan Negara
  • Program Studi Diploma III Manajemen Aset

Sebagai salah satu top 14 PTK favorit di Indonesia,kamu harus bekerja keras untuk bisa kuliah disini, karena kamu akan bersaing dengan ribuan pendaftar lain.
Info pendaftaran : http://www.pknstan.ac.id/

Comments