Skip to main content

5 JENIS TES/UJIAN MASUK PERGURUAN TINGGI


            
        
       Banyak yang bilang bahwa masa – masa di SMA/sederajat adalah masa – masa paling indah. Bahkan sampai ada lagunya kan? Ituloh lagu yang dinyanyikan oleh Chrisye “Tiada masa paling indah, masa masa di Sekolah. Tiada kisah paling indah, kisah kasih di Sekolah”. Tapi guys, meskipun masa masa di SMA menjadi masa yang paling indah, tidak berarti hidup manusia berhenti hanya sebatas SMA ajakan, khususnya masalah pendidikan. Apalagi di zaman sekarang, susah banget mau dapat kerja kalo hanya sebatas lulusan SMA, bahkan yang statusnya sudah sarjana masih harus bertempur dan berjuang untuk mencari kerja demi sesuap nasi.
                So, untuk kamu kamu yang statusnya masih siswa SMA, khususnya yang sekarang udah duduk di kelas 12, yang udah mulai disibukkan atau pun yang menyibukkan diri (katanya) dengan rentetan gerbong-gerbong ujian yang siap mengantarkanmu kemana pun kamu mau sesuai dengan jenis tiket yang kalian milki selama menjalani pendidikan di SMA. Loh kok tiket? Beli dimana tuh tiket? Hehe tiket disini bukan tiket kereta api ya, ataupun tiket langsung lolos ujian gitu.  Tapi maksudnya kemampuan yang kalin miliki yang udah kalian kembangin selama kalian di SMA.
                Jadi, kalian para siswa penting banget untuk mencari dan mngetahui apa saja sih jenis – jenis tes/seleksi yang bisa kalian ikuti untuk menuju pendidikan yang lebih baik sesuai dengan apa yang telah kalian cita – cita kan.
                Berikut 6 jenis tes/seleksi yang bisa kalian ikuti untuk melanjutkan kegiatan setelah lulus SMA :
1. SNMPTN (SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI)
2. PMDK
3. SBMPTN
4. UM (UJIAN MANDIRI)
6. TES CPNS
       Apakah setiap tes itu harus diikuti setelah lulus SMA? Ya enggaklah, semuanya tergantung pada keinginan, cita cita dan kondisi kalian. Kondisi? Maksudnya? Iya, jadi banyak loh yang awalanya Cuma mau ikut SNMPTN, tapi karena gak lolos jadi  ikut SBMPTN atau Ujian Mandiri. Ada juga yang udah lolos SNMPTN, tapi masih ikut tes2 lain karena dia lolos bukan pada program studi yang diinginkan.
      Intinya, 6 jenis tes diatas boleh kamu ikuti lebih dari satu, dua, tiga dst. Tpi, bukan berarti kamu bisa menganggap remeh tes/tes diatas ya, sebab sudah banyak yang harus menganggur dan menunggu tahun depan untuk ikut tes lagi karena nggak lulus semua tes yang diikutinya. Wah, susah berarti ya? Ya iyalah susah, namanya juga hidup, penuh akan rintagan dan tantangan.
        Pokonya kalian harus semangat, jangan pesisimis. Yakinlah akan kemampuan kalian dan perbanyak doa.  Oke?? FIGHTING


Comments